'/> Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya -->

Info Populer 2022

Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya

Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya
Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya
Dewasa ini tidak ada satu negara pun yang tidak melaksanakan relasi ekonomi dengan negara lain. Hubungan ekonomi tersebut sanggup berupa relasi dagang maupun kolaborasi ekonomi lainnya. Hubungan ekonomi antarbangsa semakin meluas ke segala penjuru dunia, dan ini disebut globalisasi ekonomi. Globalisasi ekonomi sanggup diartikan sebagai proses menyatunya aktivitas ekonomi antarnegara yang terjadi di dunia.
Dewasa ini tidak ada satu negara pun yang tidak melaksanakan relasi ekonomi dengan negara l Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya

Globalisasi ekonomi terjadi pada kala perdagangan bebas, yaitu suatu perdagangan yang dilakukan antara suatu negara dengan negara yang lain tanpa ada halangan. Hambatan yang berupa bea masuk, bea impor, kuota, larangan impor, dan subsidi terhadap industri dalam negeri dihilangkan. Usaha untuk memperlancar perdagangan secara bebas dilakukan antara lain oleh organisasiorganisasi menyerupai Asian Free Trade Area (AFTA), Asia pasific Economy Cooperation (APEC), European Free Trade Area (EFTA), dan North American Free Trade Area (NAFTA).

Globalisasi ekonomi terjadi alasannya yaitu adanya kemajuan yang sangat pesat di bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan transportasi. Adanya globalisasi ekonomi tersebut, batas-batas negara menjadi kurang berarti kalau dilihat dari segi ekonomi. Kegiatan-kegiatan perekonomian tidak mengenal lagi batas-batas kenegaraan, bukan lagi sekedar internasional bahkan transnasional.

Mengapa cendekia balig cukup akal ini tiap negara ikut dalam arus globalisasi? Alasan yang utama yaitu untuk mempercepat pertumbuhan ekonominya. Adanya globalisasi ekonomi, aktivitas perekonomian antarnegara dengan cepat merambah ke negara-negara lain. Para investor dengan bebas sanggup memilih negara daerah tujuan investasinya. Para produsen juga dengan simpel memilih negara yang dijadikan pasar sasarannya. Bahkan, negara-negara yang sedang berkembang juga dengan simpel mendapat negara yang menjadi donor dana pembangunannya.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya globalisasi ekonomi dunia. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai diberikut.

1. Adanya perkembangan politik dunia yang semakin menyadari pentingnya melaksanakan relasi ekonomi dengan negara lain untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

2. Adanya kemajuan teknologi warta dan transportasi yang menyebabkan cepatnya proses keluar masuk uang dan barang dari suatu negara ke negara lain.

3. Adanya perusahaan raksasa atau Perusahaan multi Nasional (Multi National Corporation) yang wilayah usahanya merambah di seluruh dunia.

4. Adanya kemajuan ilmu dan pengetahuan sehingga menyadarkan insan untuk bekerja sama dengan orang lain secara luas.

Demikian artikel berjudul Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Faktor Pendorongnya agar berkhasiat.
Advertisement

Iklan Sidebar