'/> Pengertian Nilai Uang Dan Macamnya -->

Info Populer 2022

Pengertian Nilai Uang Dan Macamnya

Pengertian Nilai Uang Dan Macamnya
Pengertian Nilai Uang Dan Macamnya
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang sanggup diterima secara umum. Alat tukar itu sanggup berupa benda apapun yang sanggup diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.Beberapa pakar juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Secara kesimpulan, uang ialah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur skor, menukar, dan melaksanakan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang sanggup dit Pengertian Nilai Uang dan Macamnya


Apakah skor uang itu? Nilai uang ialah kemampuan uang untuk sanggup ditukarkan dengan sejumlah barang tertentu. Nilai uang tersebut sanggup dibedakan menjadi tiga macam.

a. Nilai Nominal

Nilai nominal uang ialah skor yang tertera/tertulis pada setiap mata uang yang bersangkutan. Contoh: pada uang Rp50.000,00 tertera angka lima puluh ribu rupiah, maka skor nominal uang tersebut ialah lima puluh ribu rupiah.

b. Nilai Intrinsik

Nilai intrinsik uang ialah skor materi yang dipakai untuk menciptakan uang.
Contoh: untuk menciptakan uang kertas Rp50.000,00 diharapkan kertas dan materi lainnya yang harganya Rp3.000,00, maka skor intrinsik uang tersebut ialah Rp3.000,00

c. Nilai Riil

Nilai riil uang ialah skor yang sanggup diukur dengan jumlah barang dan jasa yang sanggup ditukar dengan uang itu. Jika uang Rp1.000,00 sanggup ditukar dengan satu gelas minuman teh, maka sanggup dikatakan bahwa skor riil uang Rp1.000,00 ialah segelas minuman teh.

Dilihat dari penggunaannya, skor uang dibedakan menjadi skor internal uang dan skor eksternal uang.

1. Nilai internal uang

Nilai internal uang ialah daya beli uang terhadap barang dan jasa. Contoh: dengan uang Rp5.000,00 kalian sanggup membeli sebuah buku tulis, maka skor internal uang Rp5.000,00 tersebut ialah sebuah buku tulis.

2. Nilai eksternal uang


Nilai eksternal uang ialah skor uang dalam negeri, kalau dibandingkan dengan mata uang asing, yang ludang keringh dikenal dengan kurs. Kurs ada dua macam yaitu kurs jual dan kurs beli. Kurs jual ialah kurs yang berlaku apabila bank menjual valuta asing. Sedangkan kurs beli ialah kurs yang berlaku apabila bank membeli valuta asing. Contoh: kalian sanggup menukarkan uang Rp9.000,00 dengan satu dollar Amerika Serikat di bank yang melayani penukaran valuta asing. Dalam hal ini skor kurs Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (US $1 = Rp9.000,00).

demikian artikel berjudul Pengertian Nilai Uang dan Macamnya biar berkhasiat.
Advertisement

Iklan Sidebar